judul 11 judul 22 judul 33

FOKLOR MINANGKABAU

Cerita Rakyat Dalam Kebudayaan Minangkabau

ASAL MULA NAGARI MINANGKABAU


 

 

Dahulu, di Sumatera Barat, tersebutlah sebuah kerajaan bernama Kerajaan Pagaruyung. Kerajaan itu dipimpin oleh seorang raja yang adil dan bijaksana. Rakyatnya senantiasa hidup aman, damai, dan tenteram. Suatu ketika, ketenteraman negeri itu terusik oleh adanya kabar buruk bahwa Kerajaan Majapahit dari Pulau Jawa akan menyerang mereka. Situasi tersebut tidak membuat para punggawa Kerajaan Pagaruyung gentar.

“Musuh pantang dicari, datang pantang ditolak. Kalau bisa dihindari, tapi kalau terdesak kita hadapi,” demikian semboyan para pemimpin Kerajaan Pagaruyung.

Suatu hari, pasukan Kerajaan Majapahit tiba di Kiliran Jao, sebuah daerah di dekat perbatasan Kerajaan Pagaruyung. Di tempat itu pasukan Kerajaan Majapahit mendirikan tenda-tenda sembari mengatur strategi penyerangan ke Kerajaan Pagaruyung. Menghadapi situasi genting itu, para pemimpin Pagaruyung pun segera mengadakan sidang.

“Negeri kita sedang terancam bahaya. Pasukan musuh sudah di depan mata. Bagaimana pendapat kalian?” tanya sang Raja yang memimpin sidang tersebut.

" Kualitas Seseorang Ditentukan Seberapa Banyak Ilmu dan Wawasannya - Maka Membacalah "

- Perpustakaan Bukittinggi -


Media Sosial / Kanal

  • PERPUSTAKAAN BUKITTINGGI

    Official Facebook

  • PERPUSTAKAAN BUKITTINGGI

    Official Facebook

  • PERPUSTAKAAN BUKITTINGGI Official Youtube

    Kunjungi Kami

    Perpustakaan Umum Kota Bukittinggi
    Jln. Perwira III No. 10, Belakang Balok,
    Bukittinggi, Sumatera Barat
    Telp/Fax: (0752) 624391

    Buletin & Promosi