judul 11 judul 22 judul 33

STRUKTUR ORGANISASI

Manajemen Organisasi Perpustakaan Beserta Tugas dan Fungsinya



SECARA STRUKTUR ORGANISASI, PERPUSTAKAAN KOTA BUKITTINGGI DIKELOLA OLEH DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA BUKITTINGGI

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA BUKITTINGGI MERUPAKAN DINAS TIPE B (TIPE SEDANG) YANG BERTANGGUNG JAWAB DALAM PENGEMBANGAN DAN PEMBINAAN PERPUSTAKAAN DI KOTA BUKITTINGGI DAN JUGA BERTANGGUNG JAWAB PENGEMBANGAN DAN PEMBINAAN KEARSIPAN DI KOTA BUKITTINGGI


Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Terdiri Dari.

1.     Kepala Dinas;

2.     Sekretariat, terdiri atas :

a.  Sub bagian umum dan kepegawaian; dan

b.  Sub Bagian Perencanaan Dan  Keuangan

3.     Bidang Pengelolaan Perpustakaan, terdiri atas  :

a.  Seksi Pengembangan Pengolahan dan Perawatan Koleksi;

b.  Seksi Pelayanan Perpustakaan; dan

c.   Seksi Layanan Ekstensi dan Kerjasama Perpustakaan.

4.     Bidang Pembinaan Dan Otomasi, terdiri atas :

a.   Seksi Pembinaan dan Otomasi Perpustakaan;

b.   Seksi Pembudayaan Literasi dan Sadar Arsip; dan

c.   Seksi Pembinaan dan Otomasi Kearsipan.

5.     Bidang Pengelolaan Kearsipan, terdiri atas :

a.   Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis;

b.   Seksi Pengelolaan Arsip Statis; dan

c.   Seksi Pelayanan dan Pemanfaatan Arsip.

6.     Unit pelaksana teknis dinas; dan

7.     Kelompok jabatan fungsional.

 

 

JENIS JABATAN DAN ESELON

1.      Kepala Dinas merupakan jabatan eselon II.b atau jabatan pimpinan tinggi pratama.

2.      Sekretaris Dinas merupakan jabatan eselon III.a atau jabatan administrator.

3.      Kepala bidang merupakan jabatan eselon III.b atau jabatan administrator.

4.      Kepala sub bagian merupakan jabatan eselon IV.a atau jabatan pengawas.

5.      Kepala seksi merupakan jabatan eselon IV.a atau jabatan pengawas.


 

 

KEPALA DINAS

 

1.      Kepala Dinas mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan dan tugas pembantuan di bidang perpustakaan dan kearsipan.

2.      Dalam melaksanakan tugas Kepala Dinas menyelenggarakan fungsi :

a.      perumusan rencana strategis (Renstra), rencana kerja dan penetapan kinerja Dinas;

b.      pelaksanaan dan perumusan bahan kebijakan, penyelenggaraan, pemantauan dan evaluasi, pembinaan di bidang perpustakaan dan kearsipan;

c.       pembinaan, pengawasan dan pengendalian urusan kesekretariatan, kepegawaian dan rumah tangga Dinas;

d.      pembinaan, pengawasan dan pengendalian kegiatan bidang teknis meliputi bidang perpustakaan dan kearsipan;

e.      pembinaan pengawasan dan pengendalian penggunaan anggaran Dinas;

f.        pembinaan, pengawasan dan pengendalian akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (AKIP); dan

g.      pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan.

 

 

 

SEKRETARIS DINAS

 

1.      Sekretaris Dinas mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan koordinasi urusan umum dan kepegawaian, perencanaan dan keuangan Dinas.

2.      Dalam melaksanakan tugas pokok  Sekretaris Dinas menyelenggarakan fungsi :

a.      Penyelenggaraan administrasi umum dan kepegawaian, kerumahtanggaan dan asset;

b.      pengkoordinasian perencanaan, serta pelaporan program dan kegiatan Dinas;

c.       perumusan rencana kerja sesuai dengan Renstra Dinas;

d.      pengkoordinasian pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan anggaran Dinas;

e.      pengelolaan anggaran dan keuangan Dinas;

f.        penyelenggaraan upaya penyelesaian masalah di lingkup Dinas; dan

g.      pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

 

Kepala Sub Bagian Umum Dan Kepegawaian

 

1.     Sub bagian umum dan kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan administrasi umum dan kepegawaian Dinas.

2.     Dalam melaksanakan tugas, sub bagian umum dan kepegawaian menyelenggarakan fungsi

 

a.      Penyelenggaraan administrasi umum dan kepegawaian, kerumahtanggaan dan asset;

b.      penyusunan program kerja sub bagian sesuai  dengan  rencana kerja sekretariat;

c.       pengumpulan pengolahan data dan informasi, menginventarisasi permasalahan-permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan tugas-tugas urusan umum dan kepagawaian;

d.      perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan sub bagian;

e.      pelaksanaan administrasi kepegawaian;

f.        pelaksanaan pemberian pelayanan persuratan, naskah  dinas, kearsipan, perpustakaan, komunikasi, pengetikan/ penggandaan/pendistribusian serta penerimaan tamu, kehumasan dan protokoler;

g.      pelaksanaan kebutuhan dan perawatan sarana/prasarana serta kebersihan kantor dan lingkungan;

h.      pengelolaan asset di lingkungan Dinas;

i.         penyiapan bahan koordinasi dan petunjuk teknis kebutuhan, pengadaan, inventarisasi, pendistribusian, penyimpanan, perawatan dan penghapusan  perlengkapan/sarana  kerja;  dan

j.         pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

 

Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan

 

1.      Sub bagian perencanaan dan keuangan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan perencanaan, evaluasi  dan pelaporan kegiatan Dinas.

2.      Dalam melaksanakan tugas pokok, sub bagian perencanaan dan keuangan menyelenggarakan fungsi :

a.      Penyusunan program kerja sub bagian sesuai dengan program kerja sekretariat;

b.      pengumpulan, pengolahan data dan informasi, menginventarisasi permasalahan-permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan tugas-tugas urusan perencanaan, evaluasi dan pelaporan;

c.      perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan sub bagian;

d.      pengkooordinasian penyusunan bahan-bahan kebijakan dari bidang;

e.      penyelenggaraan analisis dan pengembangan kinerja Dinas;

f.        pelaksanaan penyusunan renstra Dinas;

g.      pelaksanaan penyusunan rencana anggaran Dinas;

h.      penyusunan program kerja tahunan Dinas;

i.        penyusunan rancangan produk hukum Dinas;

j.        penyusunan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP) Dinas;

k.      penyiapan bahan kebijakan dan petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan keuangan, penatausahaan administrasi keuangan yang meliputi evaluasi semesteran, verifikasi dan pertanggungjawaban;

l.        penyimpanan berkas-berkas keuangan dan pengadministrasian dokumen dalam rangka pelayanan administrasi keuangan di lingkungan Dinas;

m.    pelaksanaan analisis dan pengembangan  kinerja  sub bagian; dan

n.      pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan

 

 

KEPALA BIDANG PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN

 

1.      Bidang pengelolaan perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pelaksanaan dan evaluasi di bidang pengembangan koleksi, pengolahan dan perawatan koleksi perpustakaan, pelayanan perpustakaan serta layanan ekstensi dan kerjasama perpustakaan.

2.      Dalam melaksanakan tugas, bidang pengelolaan perpustakaan menyelenggarakan  fungsi:

a.      Pelaksanaan pengembangan koleksi meliputi penyusunan kebijakan pengembangan koleksi, seleksi, pengadaan bahan perpustakaan, inventarisasi, alih media, pengembangan koleksi daerah (local content), dan pelaksanaan kajian kebutuhan pemustaka;

b.      pelaksanaan pengolahan bahan perpustakaan meliputi deskripsi, bibliografi, klasifikasi, penentuan tajuk subjek, penyelesaian fisik bahan perpustakaan, verifikasi, validasi, dan pemasukan data ke pangkalan data;

c.      pelaksanaan layanan perpustakaan meliputi layanan  sirkulasi, rujukan, literasi informasi, bimbingan pemustaka dan layanan ekstensi (perpustakaan keliling, pojok baca dan sejenisnya), promosi layanan, pelaksanaan kajian kepuasan pemustaka;

d.      pelaksanaan kerjasama antar  perpustakaan  dan  membangun jejaring perpustakaan;

e.      pelaksanaan konservasi melakukan pelestarian fisik bahan perpustakaan termasuk naskah kuno melalui perawatan, restorasi dan penjilidan serta pembuatan sarana penyimpanan bahan perpustakaan; dan

f.        pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan

 

 

Kepala Seksi Pengembangan Pengolahan dan Perawatan Koleksi

1.      Seksi pengembangan pengolahan dan perawatan koleksi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pelaksanaan dan evaluasi dibidang pengembangan pengolahan dan perawatan koleksi perpustakaan.

2.      Dalam melaksanakan tugas, seksi pengembangan pengolahan dan perawatan koleksi menyelenggarakan fungsi :

a.       penyusunan kebijakan pengembangan koleksi;

b.       pelaksanaan hunting (pencarian koleksi), seleksi, inventarisasi, dan desiderata (daftar usulan pengadaan) bahan perpustakaan;

c.       pelaksanaan pengembangan koleksi bahan perpustakaan melalui pembelian, hadiah, hibah  dan  tukar  menukar bahan perpustakaan dan duplikasi;

d.       penganekaragaman bahan perpustakaan yang mencakup kegiatan transliterasi (alih aksara), translasi (terjemahan) dan sejenisnya;

e.       pemetaan naskah kuno dan koleksi daerah (local content) di wilayah dan pengumpulan, penghimpunan, pengelolaan naskah kuno dan Pengembangan  koleksi  budaya  Etnis (local content).

f.        penerimaan, pengolahan dan verifikasi  bahan perpustakaan;

g.       penyusunan deskripsi bibliografi, klasifikasi, penentuan tajuk subjek dan penyelesaian fisik bahan perpustakaan;

h.       pelaksanaan verifikasi, validasi, pemasukan data ke pangkalan data;

i.         penyusunan literatur sekunder;

j.         pelaksanaan survey kondisi bahan  perpustakaan;

k.       pelaksanaan  fumigasi  bahan perpustakaan;

l.         pelaksanaan kontrol kondisi ruang penyimpanan;

m.     pembersihan debu, noda dan selotape;

n.       pelaksanaan pemutihan, deasidifikasi, mending dan filing bahan perpustakaan;

o.       penjilidan dan perbaikan bahan perpustakaan;

p.       pembuatan folder, pamflet binding dan cover serta pembuatan map dan portepel; dan

q.       pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

 

Kepala Seksi Pelayanan Perpustakaan

 

1.    Seksi pelayanan perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan,       pelaksanaan dan evaluasi  dibidang layanan perpustakaan.

2.    Dalam melaksanakan tugas, seksi pelayanan perpustakaan menyelenggarakan fungsi :

a.     pengoordinasian penyelenggaraan layanan perpustakaan dengan perangkat daerah, badan usaha  milik  daerah,  instansi terkait dan masyarakat;

b.     penyelenggaraan layanan keanggotaaan dan penerbitan kartu anggota perpustakaan;

c.     penyelenggaraan layanan sirkulasi, layanan informasi, layanan referensi, layanan  anak  dan  layanan  khusus lainnya;

d.     penyusunan statistik perpustakaan;

e.     pelaksanaan  bimbingan pemustaka;

f.      pelaksanaan stock opname dan penyiangan bahan perpustakaan;

g.     pelaksanaan promosi layanan;

h.     penyediaan kotak saran untuk  menampung  kebutuhan pemustaka terhadap koleksi perpustakaan;

i.       pelaksanaan kajian kepuasan pemustaka; dan

j.       pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

 

Kepala Seksi Layanan Ekstensi dan Kerjasama Perpustakaan

 

1.       Seksi layanan ekstensi dan kerjasama perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pelaksanaan dan evaluasi di bidang layanan ekstensi dan kerjasama perpustakaan.

2.       Dalam melaksanakan tugas, seksi layanan ekstensi dan kerjasama perpustakaan menyelenggarakan fungsi :

a.       penelusuran peluang kerjasama antar perpustakaan;

b.       pengelolaan dan penyusunan naskah perjanjian kerjasama;

c.       penyelenggaraan layanan ekstensi berupa perpustakaan keliling, pojok baca dan sejenisnya;

d.       pengkoordinasian layanan pinjam antar perpustakaan; pengembangan dan pengelolaan kerjasama antar perpustakaan;

e.       pengembangan dan pengelolaan kerjasama antara perpustakaan dengan lembaga perusahaan atau instansi non perpustakaan;

f.        pelaksanaan jejaring perpustakaan;

g.       pengembangan dan pengelolaan kerjasama jejaring perpustakaan; dan

h.       pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

 

KEPALA BIDANG PEMBINAAN DAN OTOMASI

 

1.      Bidang pembinaan dan otomasi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan pelaksanaan dan evaluasi dibidang pembinaan lembaga perpustakaan dan kearsipan, pembinaan stake holder perpustakaan dan kearsipan serta pengelolaan sistem otomasi perpustakaan dan kearsipan.

2.      Dalam menyelenggarakan tugas, bidang pembinaan dan otomasi menyelenggarakan fungsi :

a.      Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan perpustakaan/ kearsipan meliputi pengembangan semua jenis perpustakaan/kearsipan, implementasi norma, standar, prosedur dan kriteria (NSPK), pendataan perpustakaan/ kearsipan, koordinasi pengembangan perpustakaan/ kearsipan, dan pemasyarakatan/sosialisasi serta evaluasi pengembangan perpustakaan/kearsipan;

b.      pelaksanaan pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan/kearsipan meliputi pendataan tenaga perpustakaan/kearsipan, bimbingan teknis, peningkatan kemampuan teknis  kepustakawan/kearsipan,  penilaian angka        kredit                                                          pustakawan/arsiparis,

c.       koordinasi pengembangan pustakawan/arsip dan tenaga teknis perpustakaan/kearsipan, pemasyarakatan/sosialisasi serta evaluasi pembinaan tenaga perpustakaan/kearsipan;

d.      pelaksanaan otomasi perpustakaan/arsip meliputi pengembangan teknologi, informasi dan komunikasi perpustakaan serta pengelolaan website dan jaringan perpustakaan/arsip;

e.      pelaksanaan pengembangan pembudayaan literasi/sadar arsip meliputi pengkajian dan pelaksanaan pembudayaan literasi/sadar arsip, kordinasi, pemasyarakatan/sosialisasi dan bimbingan teknis serta evaluasi budaya literasi/sadar arsip; dan

f.        pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

 

Seksi Pembinaan Dan Otomasi Perpustakaan

 

1.      Seksi pembinaan dan otomasi perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan pelaksanaan dan evaluasi di bidang pembinaan lembaga perpustakaan serta pengelolaan sistem otomasi perpustakaan.

2.      Dalam melaksanakan tugas, seksi pembinaan dan otomasi perpustakaan menyelenggarakan fungsi :

a.       pelaksanaan pembinaan dan pengembangan perpustakaan;

b.       pelaksanaan implementasi norma, standar, prosedur dan kriteria (NSPK) perpustakaan;

c.       pendataan dan pembuatan database lembaga perpustakaan;

d.       pelaksanaan koordinasi pengembangan perpustakaan;

e.       pemasyarakatan/sosialisasi dan evaluasi pengembangan lembaga perpustakaan;

f.        pendataan dan pembuatan database tenaga perpustakaan;

g.       pelaksanaan bimbingan teknis, peningkatan kemampuan teknis kepustakawan;

h.       penilaian angka kredit pustakawan;

i.         pelaksanaan koordinasi pengembangan pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan;

j.         pembinaan organisasi profesi pustakawan;

k.       pemasyarakatan/sosialisasi peraturan bidang perpustakaan;

l.         pelaksanana evaluasi pembinaan tenaga perpustakaan;

m.     pengelolaan dan pengembangan perangkat keras, lunak dan pangkalan data perpustakaan;

n.       pengelolaan dan pengembangan jaringan otomasi perpustakaan;

o.       pengelolaan dan pengembangan website perpustakaan; dan

p.       pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

 

Kepala Seksi Pembudayaan Literasi dan Sadar Arsip

 

1.      Seksi pembudayaan literasi dan sadar arsip mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam rangka usaha pembudayaan bidang literasi dan sadar arsip.

2.      Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), seksi pembudayaan literasi dan sadar arsip menyelenggarakan fungsi :

a.       pengkajian budaya literasi masyarakat;

b.       pelaksanaan kampanye pembudayaan literasi;

c.       pelaksanaan kegiatan promosi budaya literasi;

d.       pengoordinasian  lembaga       pemerintah   dan     swasta dan lembaga masyarakat dalam pembudayaan literasi;

e.       pemberian bimbingan teknis dan sosialisasi budaya literasi pada masyarakat;

f.        pelaksanaan evaluasi pembudayaan literasi;

g.       ………………………………………………

h.       ………………………………………………

i.         pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan.

" Kualitas Seseorang Ditentukan Seberapa Banyak Ilmu dan Wawasannya - Maka Membacalah "

- Perpustakaan Bukittinggi -


Media Sosial / Kanal

  • PERPUSTAKAAN BUKITTINGGI

    Official Facebook

  • PERPUSTAKAAN BUKITTINGGI

    Official Facebook

  • PERPUSTAKAAN BUKITTINGGI Official Youtube

    Kunjungi Kami

    Perpustakaan Umum Kota Bukittinggi
    Jln. Perwira III No. 10, Belakang Balok,
    Bukittinggi, Sumatera Barat
    Telp/Fax: (0752) 624391

    Buletin & Promosi